Sejarah Waffen SS

    


Dibentuk      : Tahun 1925
 Aktif            : 1939 - 1945
 Tipe             : Organisasi Militer
 Asal             : Jerman
 Motto          : "Meine Ehre Heist Treue (Kehormatan adalah Kesetiaan)
 Pemimpin     : Reichsfuhrer Heinrich Himler



Barangkali, tidak ada kesatuan elit yang lebih populer dalam Perang Dunia II daripada Waffen-SS. mereka adalah mesin perang Nazi Jerman yang paling menakutkan. "Hitler's Elite yang ditakuti bukan hanya karena memiliki kemampuan tempur yang sangat tinggi. 
secara de facto, Waffen SS sebenarnya lebh pantas disebut sebagai sebuah organisasi militer, dan sering di anggap sebagai angkatan ke-4 Wehrmacht (Angkatan Bersenjata Jerman). bahkan antara Waffen SS dan Wehrmacht terdapat suasana saling mencurigai dan tidak dapat dikatakan kompak satu sama lain. inilah sebabnya Waffen-SS dianggap sebagai satu kekuatan tempur yang unik. Heinrich Himler, pemimpin Waffen-SS selalu menganggap Wehrmacht sebagai Rival utama. Jika dibandingkan dengan Wehrmacht, Waffen-SS sebagian besar terdiri dari para sukarela wan dan sangat fanatik terhadap ideologi Nazi.
 
 Heinrich Himler Pemimpin SS

Waffen-SS, Penguasa Seni Perang Mekanis
 
 
 
karena perang dari Divisi-divisi Panzer SS, pasukan lapis baja Jerman sangat disegani dan ditakuti lawan-lawannya didarat. Formasi divisi-divisi Panzer SS telah menunjukkan diri sebagai unit-unit tempur terbaik Jerman. Divisi Panzer SS memang mendapatkan yang terbaik dari yang bisa didapatkan, baik perlengkapan tempur maupun latihan bagi para awak Panzer.
 
 
Masing-masing Divisi ini berkekuatan kurang lebih 16.000 orang, dilengkapi dengan meriam-meriam howitzer 150 mm, meriam PaK 75 mm, dan meriam FlaK 88 mm. Untuk menambah daya gempur, masing-masing Divisi juga diperkuat dengan tank-tank berat PzKpfw VI Tiger yang paling ditakuti selama Perang Dunia II. dengan berat 57 ton, Tiger mampu menghadirkan "Tigerphobia" bagi lawan-lawannya dan diakui sebagai salah satu tank berat terbaik dalam Perang Dunia II. 
 
 
 
 
 Divisi ke-3 SS "Totenkopf" dalam pertempuran Kursk.  Di latar belakang adalah tank berat PzKpfw VI Tiger.
 
 
Waffen-SS dan Kejahatan Perang
 
Waffen-SS telah dikenal luas karena banyak terlibat dalam kejahatan perang, baik di dalam  maupun di luar medan pertempuran.
Perang di Medan Rusia (Operasi Barbarossa) yang dimulai pada bulan Juni 1941 dikenal perang paling brutal dalam sejarah manusia, dengan pengerahan tenaga manusia terbesar, jumlah korban jiwa terbesar, dan kejahatan-kejahatan yang paling mengerikan. 
 
 
Divisi-divisi Waffen-SS
 
Sampai akhir perang, Waffen-SS telah membentuk puluhan Divisi. uniknya, sekitar 60%-nya merupakan sukarelawan asing dari berbagai negara. Umumnya, setiap divisi Jerman terdiri dari dua resimen, dan dalam kekuatan penuh terdiri dari 10.000-20.000 orang, atau 150-200 tank untuk Divisi lapis baja. Pada akhir perang, kekuatan masing-masing divisi telah sangat banyak berkurang dibawah kekuatan normal.
Dalam Perang Dunia II, beberapa Divisi Waffen-SS yang benar-benar disegani dan pantas mendapat status elit karena memiliki moril dan kemampuan tempur yang sangat tinggi, tanpa melihat berbagai kejahatan kemanusiaan yang dilakukan, antara lain adalah : Divisi I " Leibstandarte Adolf Hitler", Divisi II "Das Reich", Divisi III " Totenkopf", Divisi V "Wiking", Divisi IX "Hohenstaufen" dan 'saudara kembarnya' Divisi X "Frundsberg", dan Divisi XII
 

Share this

Related Posts

First